Membuka Usaha Cuci Mobil Dan Motor Secara Sederhana | Blog Husen VVB
Ayo Jum'atan Dulu Bro!!!

Membuka Usaha Cuci Mobil Dan Motor Secara Sederhana

Melihat peluang usaha cuci mobil dan motor di Indonesia memiliki prospek yang tinggi, dilihat dari tingkat pengguna kendaraan terutama motor dan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat tajam, kondisi seperti ini membuat usaha cuci salju sangat menggiurkan.

Hal ini terbukti banyak orang membuka usaha cuci mobil dan motor di pinggir jalan yang berjalan sukses walau hanya dengan cara sederhana. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang susah mendapatkan pelanggan, kegagalan mereka mungkin disebabkan karena konsep yang diterapkan  kurang tepat.

Bagi pengusaha cuci motor/mobil yang gagal janganlah bersedih hati, sebab dikesempatan ini admin blog Husen VVB akan membahas faktor-faktor apa saja yang membuat usaha cuci salju berjalan sukses.

Alasan kenapa memilih usaha cuci salju?

Usaha bisnis cuci motor/mobil memang telah menjamur di masyarakat Indonesia, namun bisnis ini masih ada kesempatan anda coba. Berikut ini adalah alasannya:

1. Pengguna motor dan mobil di masyarakat semakin hari semakin meningkat, seolah-olah sudah menjadi kebutuhan pokok. Semakin tinggi pengguna kendaraan itu artinya semakin tinggi pula jumlah motor/mobil yang dijual. Ini lah salah satu faktor yang membuat peluang usaha bisnis cuci motor/mobil semakin terbuka.

2. Sebagian besar dari pemilik motor/mobil adalah yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraannya. Hampir setiap hari mereka sibuk dengan aktifitas kerja, sehingga mereka lelah dan tidak sanggup untuk mencuci motor/mobil nya sendiri, mereka lebih cenderung membawa kendaraan yang mereka miliki ke tempat jasa cuci motor dan mobil atau yang dikenal dengan cuci salju. Dan ini membuat membuka jasa usaha cuci salju semakin mudah.

3. Usaha cuci motor dan mobil merupakan bisnis yang sederhana, hampir setiap orang mampu mencuci secara bersih tanpa membutuhkan keterampilan khusus. Namun yang harus diperhatikan adalah cara mengoperasiakan kendaraan, mesin cuci dan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membuka Usaha Cuci Motor Dan Mobil

Jika anda tidak ingin usaha bisnis cuci salju anda gagal ada beberapa hal yang harus anda perhitungkan sebelum mencobanya. Berikut akan kami uraikan hal tersebut:

1. MODAL
Setiap usaha pasti membutuhkan modal, terutama modal uang atau dana. Modal awal yang dibutuhkan usaha bisnis cuci motor dan mobil tidaklah sedikit, anda harus memiliki modal yang lebih agar usaha yang anda jalankan nanti dapat bertahan. Kenapa butuh modal tidak sedikit? Iya, lokasi yang dibutuhkan untuk usaha cuci salju cukuplah luas, setidaknya bisa di masuki mobil sekitar 2-4 mobil. Nah, untuk itu anda harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk menyewa lokasi.

Selain modal untuk lokasi, usaha cuci motor dan mobil membutuhkan peralatan yang tidak sedikit pula, anda mebutuhakan kompresor, hidrolik, selang, sabun atau shampo salju dan perlengakapan lainnya. Jika anda membutuhkan karyawan, anda juga harus mengetahui jumlah gaji yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

2. LOKASI
Lokasi merupakan faktor utama dari tingkat kesuksesan usaha bisnis anda. Anda harus mempertimbangkan lokasi yang strategis, perhatikan lokasi disekitar apakah cocok untuk membuka usaha cuci motor dan mobil atau tidak. Lokasi yang harus diperhatikan adalah tingkat keramain penggunan kendaraan, seperti kantor, kampus atau pabrik, tidak hanya keramaian anda juga harus memperhatikan tingkat ekonomi masyarakat disekitar, selain itu lokasi yang ditentukan juga harus memiliki ketersediaan air yang cukup.

3. KARYAWAN
Jika anda membutuhkan karyawan sekali lagi perhatikan modal yang anda miliki terlebih dahulu, pilihlah karyawan yang memiliki semangat kerja tinggi, rajin ,jujur dan sopan dalam menyambut pelanggan.

4. PELAYANAN
Salah satu dari kepuasan pelanggan adalah kepuasaan dari pelayanaan, anda harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Hindari kesalahan-kesalahaan saat mencuci mobil/motor seperti body lecet, kehilangan barang di dalam mobil, kurang bersih saat mencuci ataupun lainnya yang dapat pelanggan kecewa.

Demikianlah ulasan dari peluang pencucian mobil dan kendaraan, semoga bermanfaat untuk anda.