Tips Membuka Jasa Loundry Kiloan Pemula | Blog Husen VVB
Ayo Jum'atan Dulu Bro!!!

Tips Membuka Jasa Loundry Kiloan Pemula

Setiap manusia pasti tidak lepas dengan pakaian, dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan pakaian bersih dan rapi, namun jaman sekarang banyak masyarakat yang tidak sempat untuk mencuci pakain. Nah, itu sebabnya mengapa membuka jasa usaha loundry kiloan memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Apa lagi kehidupan masyarakat sekarang yang ingin serba praktis, ini akan membuat peluang bisnis loundry kiloan semakin terbuka lebar.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karyawan kantor, buruh pabrik bahkan ibu rumah tangga juga bisa mengerjakannya sebagai tambahan penghasilan di rumah.

Di masyarakat kota dan berpenduduk yang padat banyak yang membutuhkan jasa loundry. Karyawan kantor dan pabrik setiap pagi berangkat kerja dan pulang sore hari, mahasiswa pulang dari kampus hingga ibu rumah tangga yang sudah lelah mengurus kebutuhan membuat mereka tidak sempat mencuci pakaiannya. Dan mereka lah merupakan target utama untuk di jadikan pelanggan jasa loundry kiloan.

Membuka jasa loundry tidaklah mudah yang seperti dibanyangkan walau Anda hidup di lokasi yang strategis, Anda juga membutuhkan strategi agar bisnis laundry anda sukses. Nah maka dari itu admin akan mengulas strategi cara membuka Jasa Loundry Kiloan yang sukses dari nol.

Berikut ini adalah hal yang harus anda persiapkan untuk membuka jasa londry bagi pemula:

1. Modal Awal Loundry
Hal pertama yang dilakukan adalah anda harus memiliki modal awal, jika syarat ini tidak dimiliki anda bisa meminjam modal ke tempat saudara atau bekerja sama dengan teman dekat dengan sistem bagi hasil.

Untuk pemula bisnis satu mesin cuci sudah cukup, anda dapat membelinya di toko terdekat dengan kisaran harga 3juta hingga 5juta. Selain mesin cuci anda juga harus membeli perlengkapan lainnya seperti sabun, minyak wangi, air, setrika dan lain sebagainya.

2. Menentukan Lokasi Loundry
Selain modal awal anda juga harus dapat menentukan lokasi yang tepat, misal dekat dengan kos, kampus atau wilayah yang padat penduduk. Lokasi ini cukup tepat untuk di jadikan jasa laundry kiloan, sebab mereka tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

3. Menyiapakan Perlengkapan Loundry
Selain mesin cuci anda juga membutuhkan perlengkapan lainnya, seperti pewangi pakaian, setrika, sabun, pengering jemuran, timbangan, plastik kemasan dan lain sebagainya. Walau pengeluaran modal jasa loundry terbilang besar namun jika bisnis anda ini berjalan dengan baik, seiring waktu modal akan kembali dari hasil bisnis ini.

4. Memahami Cara Mencuci Pakaian Yang Benar
Mencuci pakaian terlihat sangat spele, namun anggapan ini tidak benar, anda harus memperhatikan kebersihan dan kerapian agar bisnis loundry kiloan anda memiliki pelanggan tetap. Anda harus dapat mengetahui cara mencuci pakaian yang mudah luntur, terkena noda, celana jeans, kaos dan lainnya. Cara mencuci jenis pakaian di atas harus anda miliki agar kepuasan konsumen terjamin.

5. Menentukan Harga Jasa Loundy Kiloan
Di setiap daerah memiliki harga jasa loundry yang berbeda-beda, anda harus dapat menentukan harga per kilo nya sesuai dengan tingkat kehidupan masyarakat sekitar. Jangan mematok harga tinggi jika bisnis loundry anda tetap bertahan, namun buatlah daftar harga yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Demikianlah sedikit ulasan  cara membuka jasa loundry kiloan bagi pemula dan dari nol. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.